Rabu, 26 Desember 2012

Permasalahan Umat Islam



MATERI VI
UMAT ISLAM DAN PERMASALAHANYA

I.          POTENSI UMAT ISLAM
a.        Potensi syari’ah
Potensi islam dilihat dari ajarannya yang sempurna dan mencakup semua aspek kehidupan. Rasulullah bersabda “Aku tinggalkan bagi kalian dua perkara, kalian tidak akan tersesat apabila berpegang teguah kepadanya yaitu Al Qur’an dan Sunah” (Hadist). (Qs Ali Imron (3) :110)
b.        Potensi kekayaan alam
Negeri muslim adalah negeri yang kaya akan kekayaan alam seperti Indonesia, Arab Saudi dll. Enam puluh lima persen (65%) cadangan minyak dunia di negeri muslim. Menjadi tugas umat islam memanfaatkanya semaksimal mungkin untuk umat.
c.         Potensi jumlah
Jumlah umat islam secara kuantitas senantiasa bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini harus diiringi dengan peningkatan kualitas.
d.        Potensi sejarah
Sejarah sudah membuktikan bahwa islam adalah agama yang mampu mengangkat umat jahiliyah menuju peradaban modern. Contoh masyarakat yang diimpikan adalah pada masa rasulullah di madinah yaitu masyarakat madani. Islam pernah menguasai 2/3 dunia dan menjadi pusat peradaban perkembangan ilmu pengetahuan. Kalau dulu islam berjaya kenapa sekrang tidak bisa? Pasti bisa

II.       KONDISI UMAT ISLAM
a.        Krisis kepribadian
Kepribadian umat seakan tercabut dan kehilangan karakter. Umat islam semakin jauh dari ajaran islam (islam ktp). Kekuatan akidah terkotori oleh syirik, keduniawiyan dan materealisme. Umat islam menjadi umat terbelakang dan bodoh karena lemahnya pengetahuan. Kekuatan spiritual yaitu ruhiyah dan kewibawaan umat hilang. Hal ini berakibat umat islam kurang percaya diri dan tidak yakin akan kekuatannya.
b.        Lemahnya kepemimpinan
Pemimpin adalah panutan dan tauladan bagi umat. Dahulu setelah rasul meninggal muncul sahabat Khulafaur Rosidin yang menggantikan kepemimpinan dengan kepribadian yang kuat. Namun sekarang tidak ada kepemimpinan umat islam tingkat dunia. Negara-negara islam tercerai berai sibuk dengan kepentinganya sendiri.
c.         Lemahnya ukhuwah islamiyah
Banyak sekali negara islam yang terjajah dan tertindas. Namun persoalan tersebut kurang mendapat perhatian umat dikarenakan lemahnya ukhuwah dan solidaritas
d.        Lemahnya pengetahuan
Pusat ilmu pengetahuan dan paredaban adalah di negara barat Amerika, Inggris dll. Negara islam sebagian besar adalah negara yang terbelakang dan tertinggal dari sisi pengetahuan.

III.     FAKTOR-FAKTOR KEMUNDURAN UMAT ISLAM
a.        Jauhnya umat islam dengan Al qur’an dan sunah
b.        Belum bersatunya umat islam
c.         Keterbelakangan dalam iptek
d.        Perasaan rendah diri dan kurang percaya diri
e.         Taklid buta dengan budaya barat dan kaum kafir

IV.     SOLUSI KEBANGKITAN UMAT ISLAM
a.      Kebangkitan dalam pemikiran yaitu kembali kepada Al qur’an dan sunah. Mempelajari dan mengamalkanya sebagai karakter umat. Menjadikanya rujukan atas semua persoalan kehidupan
b.      Kebangkitan perasaan dan ukhuwah islamiyah yaitu membangun solidaritas antara dunia islam dan saling membantu.
c.       Kebangkitan amal yaitu islam bukan hanya slogan dan teori semata tapi aplikasi dan pengamalan islam secara menyeluruh.
d.      Kebangkita pemuda islam yaitu Pemuda adalah agent of change dan motor penggerak kebangkitan islam. Pemuda yang memiliki idealisme, semangat dan mobilitas yang tinggi.
e.       Kebangkitan wanita islam yaitu kembalinya wanita keharibaan islam sesuai aturan islam menjadi modal utama kebangkitan islam. Wanita adalah madrasah pertama bagi generasi selanjutnya, sehingga dengan pendidikan yang baik oleh wanita-wanita islam akan melahirkan generasi yang tangguh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar